Minggu, 13 Februari 2011

Renaissance Islam dan dunia Barat


Islam merupakan agama resmi 52 negara dunia dan dari segi universalitas tidak terbatas pada wilayah geografi tertentu. Islam bukan sebuah agama yang hanya terbatas pada teori , tapi sebuah ideologi dan pesan. Para pengikut agama ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia dan jumlah mereka di tengah masyarakat dengan mayoritas Muslim sekitar 800 juta orang. Selain itu, sekitar 400 juta Muslim juga berpencar di belahan bumi lain. Meski demikian, sepanjang sejarah Islam di Barat telah mengalami kesalahan penafsiran.
Tanpa ragu lagi, Islam adalah sebuah agama yang datang membawa perdamaian dan keadilan, tapi menurut perspektif Barat, Islam dicitrakan sebagai agama perang dan fanatis. Semua mengetahui fakta sejarah bahwa ketika Muslim menguasai dunia dalam waktu yang lama, peradaban Islam telah menciptakan perdamaian dan keamanan bagi seluruh masyarakat dunia bahkan untuk selain Muslim. Faktanya dunia Islam telah menghadirkan tempat tinggal dan rumah bagi para gelandangan di seluruh dunia khususnya benua Eropa.
Di sini saya ingin mengutip pandangan Robert Briffault dalam bukunya “Making of Humanity” yang telah melakukan penelitian dan riset tentang masyarakat dan negara-negara Islam beserta statistik mereka. Ia berpendapat bahwa pemerintahan Tuhan di Timur tidak ditegakkan atas dasar penindasan atau pemaksaan. Di dunia Timur kita tidak menyaksikan penentangan terhadap ide-ide cemerlang dan perang abadi terhadap revolusi pemikiran sebagaimana yang lazim kita temukan di Eropa dan di masa lalu sering terjadi di Yunani dan Roma.
Sistem peredaran bulan dan matahari
William Muir, sejarawan tersohor juga membenarkan bahwa keadilan dan kasih sayang kerap ditemukan dalam penaklukan-penaklukan yang dilakukan Islam dan ini berbeda dengan fanatisme dan penindasan yang dipertontonkan oleh tentara Romawi dalam kasus yang sama. Kaum Kristen Suriah pada masa kejayaan Arab menikmati kemajuan dan kebebasan berkreasi yang lebih besar hingga pada masa kekuasaan Hercules, mereka juga tidak pernah bermimpi untuk kembali ke negara asalnya di Eropa. Kondisi itu mengalami perubahan ekstrim di bawah pemerintahan imperialis Barat. Dunia Islam selama tiga dekade berada di bawah penjajahan dan selama masa itu, secara umum bangsa-bangsa di dunia ketiga dan terutama di dunia Islam mengalami penyiksaan dan penindasan oleh kekuatan-kekuatan imperialis.
Arnold Toynbee secara jelas menyatakan bahwa dalam konfrontasi antara dunia dan Barat yang dimulai sejak sekitar 400 atau 500 tahun sebelumnya dan masih berlanjut hingga sekarang, dunialah yang memiliki pengalaman bernilai dan bukan Barat. Bukan Barat yang menjadi objek serangan dunia, tapi dunia yang menjadi target agresi Barat sampai-sampai Barat dilukiskan sebagai agresor pertama era modern.
Dalam sebuah kalimat bernada menghina dikatakan bahwa di masa lalu dunia Islam dengan komunitasnya yang besar menerima pukulan berat dari Barat dan kini dikesankan sebagai bahaya bagi Barat. Satu-satunya dosa umat Islam adalah upaya mereka untuk menemukan kembali identitasnya dan membangun negaranya berlandaskan prinsip-prinsip Islam. Kesadaran umat Islam ini diinterpretasikan oleh Barat sebagai konfrontasi antara Islam dan Barat. Islam dikampanyekan dengan istilah yang paling negatif dan kegiatan mereka dinyatakan sebagai bahaya besar bagi Barat.
kitab botany

Asumsi Barat terhadap umat Islam patut disayangkan. Melabelkan Muslim dengan terorisme tentu saja jauh dari realita. Harus diakui ada gerakan kebangkitan Islam, namun Muslim sama sekali tidak punya program untuk menyerang siapa pun. Upaya mereka semata-mata untuk mempelajari teknologi dan sains sehingga dapat mengubah gaya hidupnya dalam naungan iman, nilai-nilai, dan tradisi. Umat Islam tidak punya niat untuk mengisolasi dirinya dari dunia luar. Sebaliknya mereka ingin hidup berdampingan dengan bangsa lain secara terhormat dan berwibawa sebagai sebuah anggota masyarakat yang layak dihormati.
Semangat Renaissance Islam berorientasi pada masa depan. Prinsip ini berbeda dengan pandangan-pandangan kelompok fundamentalis dalam Kristen. Hal ini mengindikasikan wawasan sempurna Muslim terhadap masalah modernitas dan kontradiksi teknologi. Poin yang perlu ditekankan di sini adalah kebangkitan Muslim merupakan penegaskan kembali terhadap pelestarian etika Islam dan mereka berupaya untuk mewujudkan keadilan sosial dan rasa percaya diri. Umat Islam telah belajar menata kehidupan sosial dan industrinya dengan pandangan baru dan itupun berdasarkan cita-cita dan prinsip-prinsip Islam. Kini mereka tengah berusaha mewujudkan sebuah sistem sosial baru yang menjamin perdamaian dan keadilan bagi seluruh penduduk bumi.
Kebangkitan Islam merupakan sebuah gerakan yang dinamis dan sepenuhnya selaras dengan tuntutan era modern. Sebenarnya, kompetisi nyata antara Islam dan Barat terletak pada perbedaan jenjang dua budaya dan peradaban, yang satu berdasarkan nilai-nilai Islam, sementara yang lain bersumber pada nilai-nilai materialisme, rasionalisme dan liberalisme.
Barat mungkin saja melabelkan kelompok agamis dengan sebutan golongan fanatis atau fundamentalis, tapi realitanya mereka tidak kembali ke masa lalu. Umat Islam ingin bergerak pada jalur yang lebih konstruktif dari pendahulu mereka. Mungkin saja pada tahap awal mereka menyesuaikan diri dengan pemerintah nasionalis, namun itu bukan cita-cita umat Islam. Pada dasarnya mereka sangat ingin menciptakan persatuan dan solidaritas yang lebih luas di tengah umat Islam dan membangun kerjasama yang lebih erat antara negara-negara Islam.
konsep susunan mata manusia

Sayangnya Barat memfokuskan diri pada kapasitas dan kekuatan potensial gerakan-gerakan Islam. Sebaliknya mereka berupaya mencoreng gerakan-gerakan Islam dengan sebutan fundamentalis, fanatis, dan anti-Barat. Mereka terjebak kesalahan fatal dalam memandang kelompok lain dan masalah ini tentu saja akan mempertajam friksi antara dua budaya dan peradaban. Pandangan tidak rasional Barat telah menyisakan kerugian besar bagi umat manusia. Penyampaian gambaran keliru tentang Islam mengakibatkan terjadinya transfer informasi tidak valid kepada masyarakat dan para politikus Barat terkait esensi pembaharuan Islam. Mereka terpaksa menilai Islam dari sudut pandang spesifik yang mencakup peristiwa-peristiwa sejarah yang tidak menyenangkan.
Memperhatikan gerakan pembaharuan Islam, perlu diingat bahwa fenomena itu juga memiliki dimensi politik. Gerakan pembaharuan Islam tidak punya orientasi anti-Barat. Mereka bukan pendukung Barat dan bukan juga anti-Barat, mereka hanya menentang tindakan-tindakan tercela warisan imperialis yang merupakan ancaman potensial terhadap hubungan ini. Perlu diingat bahwa jika Cina dan Amerika Serikat tanpa ada kesamaan dalam sistem politik dan ekonomi, mampu menjalin hubungan baik, maka Barat dan Islam juga perlu mengambil pelajaran dari cara hidup berdampingan ini. Namun masalah itu sangat bergantung pada pola pandang Barat terhadap fenomena pembaharuan Islam. Selama tidak ada upaya untuk membenturkan dua budaya dan peradaban yang berbeda, maka kehidupan damai dapat tercipta di dunia.
Jika kehidupan damai telah benar-benar tercipta, ada banyak peluang kesamaan yang akan tampak. Kesamaan-kesamaan itu merupakan modal untuk menyelesaikan problema-problema dunia di masa mendatang. Pertanyaannya, apakah kita siap hidup damai dengan seluruh budaya, agama dan bangsa-bangsa lain? Jika jawabannya positif, dunia akan punya masa depan yang cerah dan jika tidak, dunia kita akan tenggelam dalam kegelapan.

Ayo!! bangkit renaissance!! bangkitkan pemahaman bahwa islam unggul dalam segala bidang! islam tidak hanya agama yang rajin menyembah tanpa berfikir... buktikan bahwa kita tidak hanya berperang memeras otak hanya untuk mempermasalahkan fiqih... karena dibalik itu semua... Allah menuntunkan kita bukan hanya untuk beribadah,, tetapi juga belajar. karena belajar adalah ibadah jihad dijalan Allah.


karena kita adalah orang-orang pemikir bagi Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...