Selasa, 31 Januari 2012

EaseUS TODO Backup, software gratis jaga OS

Bagi sebagian orang, install ulang sistem operasi atau sering disebut OS (Operating System) mungkin menjadi sebuah hobi, tapi tidak bagi saya (paling enggak sekarang) setelah saya bertemu software yang satu ini. jika pada postingan yang lalu saya sedikit mengulas tentang clonezilla, sebuah perangkat lunak berbasis opensource (sumber terbuka) yang berjalan melalui tampilan DOS, kini saya menemukan yang lebih canggih, dan tentu saja... GRATIS!! 

EaseUS TODO Backup merupakan sebuah perangkat lunak freeware dan terbaik saat ini (menurut saya) dalam kerjanya melakukan backup file, partisi, bahkan backup sistem operasi, karena disamping gratis, fiturnya sama sekali tidak kalah dengan aplikasi berbayar semisal Acronis True Image yang sama-sama perangkat lunak guardian (penjaga). lalu apa saja kelebihan dari EaseUS TODO Backup?

  • Easy to used
Sesuai dengan namanya, untuk menggunakan perangkat lunak ini memang sangat mudah. bahkan saya langsung tahu apa yang harus saya lakukan setelah melakukan instalasi  dan melihat fitur-fitur yang ada melalui tampilan GUI. selain itu, perangkat lunak ini tersedia untuk sistem operasi Windows 7, Vista, XP dan 2000.
  • Fitur backup dan recovery lengkap
Anda ingin melakukan backup file, folder atau partisi secara realtime dan kontinyu? tentu saja, jawabannya ada pada perangkat lunak ini. anda disuguhkan dengan beberapa fitur backup seperti System backup, File backup, bahkan fitur disk and partition backup mampu mengenali partisi dalam format EXTx dan journal yang kita tahu mereka adalah format partisi yang digunakan oleh linux. wow.. tentu saja, kita bisa melakukan backup partisi windows, maupun sistem operasi lain semisal linux atau mungkin Mac OS. Yang paling penting adalah, anda dapat menjadwal kapan saja backup harus dikerjakan oleh komputer/laptop anda.
  • Fitur-tambahan yang sangat menguntungkan
Pertanyaan yang timbul adalah, "bagaimana bisa backup atau restore kalo mau masuk ke windowsnya aja kaga bisa??" Pihak EaseUS telah memperkirakan kondisi tersebut dengan menambahkan beberapa fitur seperti Bootable media builder, dan Enable PreOS. lalu apa itu Bootable media builder? sesuai dengan namanya, dengan fitur ini anda dapat membuat CD atau flashdrive (flashdisk) anda menjadi bootable dan dapat digunakan untuk melakukan backup atau restore tanpa harus masuk ke sistem operasi anda. keuntungannya, walaupun sistem operasi anda rusak parah, anda harus mempersiapkan paling tidak CD yang telah dibuat menjadi bootable sebagai livecd untuk masuk ke perangkat lunak. nah, kalau PreOS, ini memang menguntungkan akan tetapi agak beresiko jika anda tidak menyiapkan CD bootablenya. sebenarnya, anda tidak perlu menggunakan CD bootable (dengan catatan) karena anda telah disuguhkan fitur yang dijalankan saat anda pertama kali menghidupkan komputer dengan fungsi yang sama dengan CD bootable. tetapi PreOS ini masih belum stabil dan saya menyarankan untuk tetap menyimpan CD bootable.

Untuk yang versi berbayar, perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur backup via jaringan. anda tidak perlu repot-repot datang ke lokasi client untuk melakukan backup file atau sistem. berikut adalah screenshoot EaseUS Todo Backup.

Anda bisa mengunduh EaseUS TODO Backup disini. sekian

1 komentar:

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...