Kamis, 17 Desember 2015

Enable WIFI Adapter pada Windows Server 2012 / 2012 R2

Ada beberapa Server /PC yang mungkin didalamnya sudah build in WIFI adapter, namun ketika di install Windows Server berulang kali enable WIFI interface tetap masih saja dalam kondisi disbled. Ini berdasarkan pengalaman penggunakan produk HP Pavilion Elite h8-1192d. PC tersebut tergolong tipe High End dengan core I7 dan clock 3GHz yang sangat cocok digunakan tim sebagai research / development environment. Namun, saking canggihnya berbanding terbalik dengan tim yang terlalu katrok sehingga tidak memperhatikan bahwa PC ini sudah build in WIFI adapter. Setelah ketahuanpun tetap saja tidak mengerti bagaimana cara enable WIFI interface ini karena setiap kali di enable selalu kembali disabled.

Pusing memikirkan driver mana yang cocok, akhirnya baru terfikir mungkin ini bukan salah OS atau driver, tetapi memang batasan dari Windows Server yang kami pakai (Windows Server 2012 R2). Cara enable cukup mudah:
1. Buka Server Manager, kemudian tambahkan fitur Wireless LAN Service

2. Install feature Wireless LAN Service, kemudian restart server.
3. Buka Services kemudian start service Wireless LAN Service. 

Setelah ini maka secara sah WIFI adapter telah aktif.

Salam,

2 komentar:

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...