Minggu, 09 Januari 2011

Membaca 'iqra'? maksudnya?

Tuhan, didalam alkitab memerintahkan kepada manusia untuk menyelaraskan antara ilmu pengetahuan(sains) dan ajaran-ajaran agama. Pandangan Islam tentang sains dan teknologi dapat diketahui prinsip-prinsipnya dari analisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.
  • 'iqra' yang artinya "bacalah". dalam terjemahan berikut: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Isra: 1-5) 
bukan hanya karena Rasulullah SAW waktu itu masih buta huruf, akan tetapi dibalik itu semua ada filosofi yang mendalam mengenai penggalan surat Al-Isra diatas.
  1. ‘iqra’ terambil dari kata menghimpun. menurut ahli tafsir al Quran indonesia Prof. Dr. Quraisy Syihab, beliau menuturkan dalam penafsiran ayat diatas. Dari menghimpun lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu, dan membaca baik teks tertulis maupun tidak.
  2. dari makna yang tersirat diatas bisa disimpulkan bahwa, Allah tidak hanya memerintahkan kita untuk hanya membaca al Quran dalam ayat pertama yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW, akan tetapi menelaah dan mendalami serta meneliti setiap maksud dan tujuan dari firmanNya kepada Rasulullah untuk umat manusia. 
  3. alkitab bukan hanya dijadikan bacaan mengisi waktu senggang, akan tetapi lebih dari itu semua terdapat rahasia-rahasia yang ditujukan kepada manusia. itulah maksud segala penciptaan Tuhan, agar tidak menjadi sia2 sehingga akan senantiasa memelihara keimanan kepada Allah, sang pencipta alam semesta. seperti pada surah berikut: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Imran: 190-191)
Didalam salah satu surah, Allah berfirman: Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (QS. Asy-Syu’ara: 7)

Didalam firmanNya yang lain:“Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS. Yunus: 101)

Ayat-ayat di atas adalah sebuah support yang Allah berikan kepada hambanya untuk terus menggali dan memperhatikan apa-apa yang ada di alam semesta ini. Makanya seorang ahli sains Barat, Maurice Bucaile, setelah ia melakukan penelitian terhadap al-Qur’an dan Bibel dari sudut pandang sains modern. Ia mengatakan:
“Saya menyelidiki keserasian teks Qur’an dengan sains modern secara obyektif dan tanpa prasangka. Mula-mula saya mengerti, dengan membaca terjemahan, bahwa Qur’an menyebutkan bermacam-macam fenomena alamiah, tetapi dengan membaca terjemahan itu saya hanya memperoleh pengetahuan yang sama (ringkas). Dengan membaca teks arab secara teliti sekali saya dapat mengadakan inventarisasi yang membuktikan bahwa Qur’an tidak mengandung sesuatu pernyataan yang dapat dikritik dari segi pandangan ilmiah di zaman modern.”

terlepas dari itu semua, segala ilmu sains seperti aljabar, aritmatika, fisika, filsafat(cabang segala ilmu), ilmu bedah, ilmu anatomi tubuh, dan banyak cabang ilmu sains lain yang tidak terlepas dari sumbangsih para ilmuan muslim yang senantiasa menerapkan "pokok fikiran" bahwa: AGAMA dan SAINS adalah tuntutan IBADAH. mereka bisa berjalan beriringan tanpa meninggalkan yang 1, dengan yang lain.

Akhir kata, Thanks to Allah, my LORD, My God,

KepadaMu aku berlindung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...