Selasa, 15 Desember 2015

Jatidiri Manusia?

Pernah suatu ketika berada di sebuah bus bersama seorang teman. Waktu itu kita sedang ada project diluar kota, tepatnya Jakarta. Hari menjelang sore, matahari pun mulai meluruh kedalam perut Bumi. Kami berdua bercerita panjang lebar, dari masalah kerjaan hingga masalah eksistensi manusia. Ya, kata kitab suci Adam itu manusia pertama. Katanya tingginya hingga 60 hasta, atau 30 meter. Pertanyaannya adalah, jika jaman dahulu manusia sebesar dan setinggi itu... kenapa tidak ditemukan fosilnya sama sekali? Sedangkan banyak sekali fosil dinosaurus yang ditemukan. Apakah hancur? tentu tidak mungkin. Seperti anak-anak yang sedang memperdebatkan sesuatu yang tidak jelas ujungnya, kitapun membahas tentang kelahiran Nabi Isa.


Menurut Kitab Suci, Nabi Isa merupakan nabi yang istimewa. Kelahirannya dianggap suatu keajaiban dimasa itu, yang dijaman sekarang dikenal dengan kelahiran parthenogenesis. Kelahiran tanpa adanya pejantan atau sosok laki-laki untuk melakukan pembuahan. Aneh memang, ini kasus langka namun nyata. Menurut Kitab Suci, Kelahiran Isa mirip dengan Nabi Adam. Jika Mirip disini diartikan "sama", berarti Nabi Adam tidak sertamerta diciptakan dari tanah, melainkan melalui proses kelahiran. 

Kalo dari imajinasi liar saya, mungkin seperti ini. Jaman dahulu kala, ada makhluk mirip manusia. (Mungkin manusia kera berdiri tegak / Pitekantropus erektus?) Sejenis manusia namun tidak memiliki akal budi. Manusia kera ini hidup di alam liar, dengan kondisi alam ekstrim. Maklum, namanya juga Bumi muda. Atmosphere masih belum stabil. Kehidupan waktu itu sangat keras. Sesama manusia kera saling membunuh, demi untuk mendapatkan buruan. Tidak kenal anak, tidak kenal orang tua, tidak kenal istri atau suami. Terjadi kerusakan dimana-mana, diseluruh penjuru bumi hingga akhirnya mereka hampir punah karena kelakuan mereka sendiri. 

Ditengah-tengah kemelut ini, Tuhan berkehendak lain. Ia menginginkan generasi baru manusia lahir kedunia untuk menjadi pemimpin sekaligus penjaga kedamaian Bumi. Lahirlah Adam, generasi baru yang sempurna. Adam lahir dari rahim salah seorang dari mereka yang tersisa. Tanpa terjadi pembuahan oleh kaum laki-laki. Mengapa dan Bagaimana? Tentu saja untuk memutus genetik dari parental. Untuk memutus sifat-sifat genetik dari generasi sebelumnya. "Wanita" ini dipilih oleh Tuhan untuk menjadi "wadah" bagi janin Adam.

Bukankah Adam berasal dari Tujuh tanah terbaik di Bumi? Memang benar, tetapi tanah terbaik dibumi tidak sertamerta membentuk tubuh Adam, melainkan nutrisi yang diambil dari tanaman dan buah-buahan. Bisa diartikan, semua makanan berasal dari tanah. Yang dimaksud Tujuh tanah terbaik adalah nutrisi yang dibutuhkan bagi janin untuk berkembang dengan baik. Apakah ada campur tangan Tuhan didalam penciptaan Adam? tentu saja, dari berbagai peluang evolusi mahluk hidup, kenapa hanya manusia yang memiliki akal budi? tentu ada campur tangan "the creator". Apakah manusia hasil modifikasi DNA?  Bisa jadi, faktanya, terjadi loncatan yang sangat besar antara Manusia Kera dengan Manusia (the missing link) itu membuktikan bahwa manusia hadir karena suatu kesengajaan, bukan ketidak sengajaan. Bukan karena seribu kemungkinan evolusi manusia ada.

Ya, manusia adalah hasil modifikasi Sang Pencipta. Bagaimanapun proses kelahiran Adam, Kelahiran manusia adalah bukti nyata adanya Penciptaan. Manfaatkan hidup kamu sebaik-baiknya untuk kebaikan alam :)

Pernah muncul statement dari teman,
"Bagaimana jika Tuhan membawa kita ke masa lalu dan menunjukkan kepada kita kejadian sebenarnya?
Apakah kita siap untuk diberikan tugas untuk menyampaikannya kepada seluruh manusia? Dan menuntun mereka ke arah yang lebih baik?"

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana jika kebenaran tidak seperti yang kita harapkan?

Mungkin lebih baik, manusia tidak perlu mengerti. Cukup menjalani.


Salam,


10 komentar:

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...