Sabtu, 05 Februari 2011

Bagaimana bisa???

Laut adalah bagian terluas dari bumi yang menempati 2/3 bagian dari bumi selain daratan. Akan tetapi dengan keluasannya ini, tak banyak rahasia yang berhasil manusia kuak bahkan dengan menggunakan peralatan modern. salah satu contoh adalah mahluk2 "asing" yang berada dikedalaman laut yang sampai sekarang masih menjadi misteri. lalu bagaimana Fenomena Alam ini coba diungkapkan didalam Al Quran?

Dia membiarkan kedua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing”. (Qs Ar-Rahman : 19-20)

Penggalan diatas merupakan sebuah fenomena alam yang coba ditafsirkan oleh para ahli al kitab bahwa:
antara dua laut yang bertemu tetapi tidak bercampur....

bagaimana bisa?


Sedikit penafsir yang mengartikan ini adalah tanah genting yang tidak terlihat. Penafsir lainnya menyebutkan bahwa air tawar di sungai dan air asin di lautan bertemu namun tidak saling melampaui karena perbedaan kepekatannya. Sampai di sini terjemahan belum bermasalah.

lalu bagaimana dengan ini?

Fenomena alam yang ingin disampaikan oleh seorang ilmuwan Prancis Jacques Yves Cousteau  yang meneliti berbagai lautan di dekat Selat Jibraltar, ditemukan bahwa pertemuan antara air dari Laut Mediteranian (Laut Tengah) dengan air dari Lautan Atlantik tidak bercampur, walaupun keduanya air asin. Salinitas yang berbeda menghasilkan “dam” yang tidak terlihat. Air Laut Tengah dengan salinitas di atas 36,5% dan temperatur sekitar 11,5 derajat Celsius, terisolasi di kedalaman 900 sampai 1100 meter. Sedangkan air yang berasal dari Lautan Atlantik mempunyai salinitas di bawah 35%, membungkus air Laut Tengah dengan temperatur di bawah 10 derajat Celsius.

lalu apakah yang satu ini?

Dan [Alláh] Dia adalah yang Dia-telah-mengalirkan sang dua-lautan, ini tawar-segar, dan ini asin-pahit; dan Dia-telah-menjadikan diantara mereka-berdua adalah suatu-batas dan dinding yang-menghalangi.
( QS al furqán 25 : 53 )

sebagian dari kita mungkin saja berpendapat: "wew... ayat yang aneh... mana bisa air tawar berada ditengah2 air laut?? aneh2 aja..."




kok ada sungai dibawah laut? Sesuatu yang mustahil untuk ditemukan di dunia fana ini. Namun hal ini terjadi adanya ketika ada penjelajahan bawahlaut di Meksiko. Jika Anda termasuk orang yang gemar menonton rancangan TV 'Discovery' pasti kenal Mr. Jacques Yves Costeau, seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Orang tua yang berambut putih ini sepanjang hidupnya menyelam ke perbagai dasar samudera di seantero dunia dan membuat filem dokumenter tentang keindahan alam dasar laut untuk ditonton di seluruh dunia.

Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut, tiba-tiba ia menemui beberapa kumpulan mata air tawar segar yang sangat sedap rasanya karena tak bercampur atau tidak melebur dengan air laut yang asin di sekelilingnya, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya. Fenomena ganjil itu memeningkan Mr. Costeau dan mendorongnya untuk mencari penyebab terpisahnya air tawar dari air asin di tengah-tengah lautan. Ia mulai berfikir, jangan-jangan itu hanya halusinansi atau khalayan sewaktu menyelam. Waktu pun terus berlalu setelah kejadian tersebut, namun ia tak kunjung mendapatkan jawapan yang memuaskan tentang fenomena ganjil tersebut.

Benar2 sesuatu yang mustahil jika hal ini dikarang oleh seorang manusia 1.4 milenium yang lalu, yang notabene "seseorang yang buta huruf dan buta tulis",,darimana Ia mendapat pengetahuan yang sampai sekarang pun baru saja diketemukan dan baru diteliti?  kecuali ini adalah Firman Allah?

maka, nikman mana yang engkau dustakan?
Subhanallah....

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...