Selasa, 24 Juli 2012

"Takwa"?? kayanya pernah denger


Takwa? sepertinya menjadi kata sakti dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini sering diucapkan oleh para ulama.. "jadilah orang yang bertakwa biar masuk surga!" hmmm... Yang jadi pertanyaan, apa sih takwa itu? Ada suatu masa ketika rasulullah SAW mendapat perintah dari Allah untuk memindahkan arah kiblat dari masjidil Aqsa yang ada di Palestina menuju masjidil Haram yang ada di Mekah. Latar belakang pemindahan itu tentu saja adalah hak dari Allah. Tetapi yang melatar belakangi pemindahan itu tidak lain karena doa rasulullah SAW kepada Allah untuk memindahkan arah kiblat ke mekah lantaran masjidil aqsa adalah kiblat bagi kaum yahudi... Di dalam surat Al Baqarah dijelaskan bahwa mereka (kaum yahudi dan umat islam) saling berbantah mengenai arah kiblat. Dan pada a akhirnya pada posisi yang sedikit terpojok turunlah ayat berikut..



Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Surah 2, Al Baqarah 177)


Bisa dilihat bahwa Allah telah melakukan klarifikasi yang seakan ingin mengatakan "hai manusia! ngapain kamu saling berdebat mengenai hal-hal yang bukan urusan kalian? Kiblat itu urusanku. Aku yang berhak menentukan nama yang baik untuk kalian!"
Lalu apa yang seharusnya menjadi urusan kami ya Allah?
Allah pun menjawab nya dengan menyuruh kita agar berbuat kebajikan. Bagaimana seharusnya manusia berbuat kebajikan? Kemudian Allah menerangkan..

"Hmmm... Asal kalian tahu. Berbuat kebajikan itu bukan soal kiblat mana yang benar! Timur dan barat itu milik Ku. Yang harusnya kalian lakukan itu beriman kepadaKu, pada hari kemudian (kebangkitan), pada kitab-kitab Ku, serta nabi-nabi sebagai utusan Ku. memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan! Itu baru bisa disebut orang beriman dan bertakwa"
sudahkah ada ciri yang menunjukkan gejala di atas pada diri kita?
Sumber: AlQuranul karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...