Sabtu, 16 April 2011

AVR IDE,, linux programming

Untuk anda yang suka programming, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Code Vision, sebuah IDE berbayar under windows, ataupun AVR-STUDIO sebagai IDE berbasis opensource, serta AVR-GCC sebagai compiler. Tanpa mengurangi "proses kenyamanan" belajar, ada alternatif lain software IDE opensource under Linux. Software ini bernama Eclipse dan Codeblock. Eclipse adalah sebuah IDE developer multiplatform, begitu juga dengan Codeblock. namun disini yang ingin saya ulas adalah software yang satu ini,, yaitu Codeblock. berikut adalah tampilan Codeblok 10.5 yang saya gunakan:


untuk dapat melakukan kompilasi program AVR yang telah kita buat,, perlu di instal dahulu software-software pendukung, dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal:
sudo apt-get install gcc gcc-avr avr-libc avrdude binutils-avr avarice build-essential ncurses-dev


setelah proses instalasi paket diatas telah selesai, dilanjutkan dengan menginstal software Codeblok 10.5 dengan melakukan search pada repositori(dalam hal ini saya memakai linux mint, varian ubuntu) pada ubuntu software center dengan mengetikkan "codeblocks", kemudian install!

berikut adalah tampilan ubuntu software center setelah instalasi:

setelah instalasi selesai, jalankan Codeblock 10.5, kemudian buat projek baru dengan mengetik file->new->project
berikut akan dipandu melalui gambar:





Setelah proses ini, wizard selesai. pengkodingan mikrokontroler bisa dilakukan pada main.c hasil create dari Codeblock. 
lalu bagaimana proses download ke mikrokontroler?
Codeblock menyediakan fasilitas untuk dapat melakukan burning program hasil generate pada mikrokontroler. Buka Tools-> configure tools,, selanjutnya ikuti instruksi pada gambar berikut:



Pastikan settingan berikut sudah dipenuhi:
Setting->Compiler and Debugger


Sampai sini,, anda sudah boleh bergembira, karena proses instalasi dan konfigurasi sudah selesai.. siapkan nyali anda untuk mengubah pola pikir anda..... Bersediakah anda beralih menuju dunia opensource???

"Bodoh", hanya ada di istilah orang-orang yang tak ingin tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...