Jumat, 22 April 2011

Mengapa (masih saja) memaksakan?

Bismillah,

...Tak ada kebenaran hakiki yang ada cuma hanya Kamu di sana dan akulah milikMu

merupakan penggalan lirik lagu Ahmad Dhani berjudul "NONSENS". Ahmad Dhani adalah salah seorang musisi Tanah Air yang baru-baru ini diganjal masalah yang memberitakan bahwa dirinya adalah seorang Yahudi. Bagi saya tidaklah penting orang ini yahudi ataupun bukan,, seperti yang pernah dikatakannya: "Memang kenapa dengan Yahudi? Yahudi tidak semua buruk, begitu pula Muslim tidak semua baik..." Sangat setuju dengan perkataan ahmad dhani yang satu ini....

Katamu kau cinta aku. Demi Tuhan kau bersumpah. Katamu kau akan setia. Demi Tuhan kau berjanji. Begitu mudah mulutmu berkata. Atas nama Tuhan demi kepentinganmu. Reff. Atas nama cinta saja.Jangan bawa nama Tuhan(Atas Nama Cinta by: Ahmad Dhani)

didunia ini orang sering sekali mengucap sumpah atas nama Tuhan, bahkan dengan gampangnya mengucap sumpah "Demi Tuhan",, apakah mereka sadar sungguh bahwa laknat Tuhan beserta sumpah mereka ketika ternyata sumpah itu diingkarinya sendiri? hmm,, saya pikir manusia yang masih percaya akan Tuhan pasti memikirkan hal ini,, tapi sepertinya hal semacam ini sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat khususnya di Indonesia, negara saya *tercinta.


لاَإِكْرَاهَفِيالدِّينِقَدتَّبَيَّنَالرُّشْدُمِنَالْغَيِّفَمَنْيَكْفُرْبِالطَّاغُوتِوَيُؤْمِنبِاللّهِفَقَدِاسْتَمْسَكَبِالْعُرْوَةِالْوُثْقَىَلاَانفِصَامَلَهَاوَاللّهُسَمِيعٌ عَلِيمٌ

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang salah. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS. Al Baqarah 2:256)


ada suatu riwayat tentang sebab turunnya ayat ini, seorang lelaki bernama Abu Al-Husain dari keluarga Bani Salim Ibnu Auf mempunyai dua orang anak lelaki yang telah memeluk agama Nasrani sebelum Nabi Muhammad saw. diutus Tuhan sebagai nabi. Kemudian kedua anak itu datang ke Madinah (setelah datangnya agama Islam), maka ayah mereka selalu meminta agar mereka masuk agama Islam dan ia berkata kepada mereka, “Saya tidak akan membiarkan kamu berdua, hingga kamu masuk Islam.” Mereka lalu mengadukan perkaranva itu kepada Rasulullah saw. dan ayah mereka berkata, “Apakah sebagian dari tubuhku akan masuk neraka?” Maka turunlah ayat ini, lalu ayah mereka membiarkan mereka itu tetap dalam agama semula.
Jadi, tidak dibenarkan adanya paksaan. Kewajiban kita hanyalah menyampaikan agama Allah kepada manusia dengan cara yang baik dan penuh kebijaksanaan serta dengan nasihat-nasihat yang wajar sehingga mereka masuk agama Islam dengan kesadaran dan kemauan mereka sendiri.

hal inilah yang ingin diungkapkan Ahmad Dhani dalam penggalan salah satu judul lagu ciptaan Ahmad Dhani, "Aku Tetaplah Aku" dalam liriknya.... "Aku tetaplah aku begini. Kamu tetaplah kamu begitu. Aku tetaplah aku"

Maksudnya: ini sama aja = LAKUM DINUKIM WALIYADIN. Agamamu bagimu , agamaku bagiku bahkan bisa juga: Pemahamanmu bagi mu, pemahamanku bagi ku. Nah! karena perbedaan inilah kadang umat muslim di Indonesia ribut-ribut. Yang benar menurut sebagian orang dianggap sesat. Nabi SAW telah mewasiatkan kepada umat ini bahwa perbedaan di kalangan umatku adalah rahmat. Sungguh, kemuliaan umat ini takkan pernah menjadi rahmatan lil’aalaamiin sepanjang umat tetap berpandangan picik terhadap perbedaan-perbedaan yang ada dan rosululloh bersabda, “Jangan kau umatku mengganggu wanita, anak-anak, tempat ibadah, binatang ternak, pohon-pohon.”. Berkat kesantunan dan kearifan Baginda Muhammad SAW inilah, gak sedikit lho musuh Rosul yang masuk islam.


Masih saja saya heran dengan kekakuan uman Muslim sendiri tentang perbedaan,, Tuhan bisa saja membuat manusia beriman,, atau membuat manusia terlaknat,, tetapi tidak demikian.. seperti firman Allah:
"Kalau Tuhan kamu menghendaki, maka akan berimanlah semua manusia yang ada di muka Bumi. 
Apakah kalian hendak memaksa manusia agar mereka beriman?”(Yunus, 10:99)

Jika memang Allah berkehendak demikian,, apa pula bedanya kita dengan boneka???
Wallahualam.. Sekian, renungan bagi saya

kita memang berbeda, karena kita adalah para pencari....

referensi: 
http://theyoss.wordpress.com/category/dewa-19/
http://bundanur.blogspot.com/2010/09/surah-al-baqarah-256-qs-2256.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...