Minggu, 17 April 2011

Enable USB device di ubuntu

Beberapa waktu yang lalu ketika saya mengambil mata kuliah mikrokontrol, saya tertarik dengan pemrograman under linux,, waktu itu saya temui sebuah compiler bernama AVR-GCC dimana gaya pemrogramannya merupakan bahasa bergaya C++ murni... akan tetapi banyak kendala ketika operating system saya tidak mendukung downloader yang saya punya (asumsi: berhubung saya tidak tau),, al hasil,, saya masih harus kembali ke windows untuk sekedar melakukan kompilasi dan aktifitas lainnya yang belum bisa saya lakukan waktu itu didunia linux...

Namun, baru-baru ini tanpa sengaja hasil searching google membawa saya ke sebuah artikel,, saya menemukan sebuah ulasan tentang bagaimana cara menambahkan device usb pada ubuntu. karena secara default, ubuntu tidak mengijinkan user biasa untuk melakukan attactment perangkat usb semacam usb downloader (kebetulan punya saya USBASP). AVR-DUDE merupakan aplikasi untuk melakukan burning program yang telah kita buat setelah melakukan kompilasi. AVR-DUDE mampu mengenali banyak tipe downloader,, salah satunya yang saya punya. akan tetapi waktu itu saya masih kebingungan bagaimana USBASP ini bisa bekerja di linux(ubuntu) saya waktu itu. 
pertama,, harus tau USB - ID dari device yang bakal ditambahkan,,

ketik "lsusb" pada terminal, kemudian ID dari usb akan terlihat. seperti gambar berikut:


Solusi jika USBasp tidak dapat digunakan oleh user biasa di Linux
Jika pada saat Anda menggunakan USBasp sebagai user biasa di Linux, ternyata USBasp Anda tidak dapat digunakan, tetapi saat Anda sebagai root atau superuser, ternyata USBasp tersebut dapat digunakan, berarti Anda sebagai user biasa tidak mempunyai hak akses ke USBasp. Solusi untuk masalah ini cukup mudah. 

Anda harus membuat file baru dengan nama 99-usbasp.rules pada direktori /lib/udev/rules.d yang isinya sebagai berikut:

sudo gedit /lib/udev/rules.d

#copy-paste script berikut,,

# allow users to claim the device
ACTION=="add" SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="16c0", ATTRS{idProduct}=="05dc", MODE="0664", GROUP="plugdev"

Setelah disave,, segera restart sistem anda untuk segera dapat menggunakan USBASP

2 komentar:

  1. wah kebetulan gan.,.

    lagi belajar linux neh ane.,.

    masi pemula.,.

    BalasHapus
  2. kalo masalahnya cuma pemula,, sama adja bro.... ane juga masi cupu...

    BalasHapus

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...