Minggu, 05 Juni 2011

Remote desktop ubuntu-windowz(s)

Hm,, teringat kemarin barusan posting tentang betapa despretnya saya menggunakan linux,, akhirnya mau ga mau saya harus menggelitik otak untuk bekerja lebih ekstra mencari solusi untuk skripsi saya... bimana enggk?? software yang berhubungan dengan skripsi ini membutuhkan OS windows untuk bekerja,, semisal C# Dotnet,, dan lain sebagainya.. untuk beberapa waktu lalu sempet iseng beralih ke opensource,, kompiler mikrokontroler pake GCC,, kalo ga,, tambah ribet ni urusan...

kebetulan,, saya harus bekerja di dua alam karena kompie cma 1,, dan ada lappy yang ber OS-kan ubuntu hmm,, pasti sangat repot jika harus bolak balik kompie dan lappy. pikir punya pikir,,, saya teringat teman satu kos (lab XT tercinta) yang berbagi ilmu menggunakan remote desktop...  tapi itu kan di windows,, gimana dengan nasib saya yang keceh(berkecimpung) di linux ubuntu ini?? "ah,, ga mungkin ubuntu ga bisa melakukan yang windows lakukan"... berdasarkan pemikiran ini,, usut punya usut saya mampir ke beberapa site yang membahas tentang remoting desktop di ubuntu dan windows... ada beberapa software yang bisa digunakan dalam melakukan desktop remoting diantaranya Terminal Server Client yang sourcenya bisa ditemui di synaptic package manager dengan nama tsclient. search aja tuh,, pasti ketemu...


kali ini,, ide saya adalah meremot kompie saya dari lappy. kebetulan lappy terinstall Ubuntu 11.04. setelah terinstal,, berikut konfigurasi yang saya gunakan saat melakukan remoting kompie saya dari lappy(jangan lupa dihubungkan dengan LAN atau sejenisnya):

1. Konfigurasi jaringan
a. buka Network Connections->Wired,, edit koneksinya.
b. pilih IPv4 settings,, trus methodnya ganti Link-local only


nah,, kalo udah... kita menuju ke PC sodara,,
c. dobel klik icon local area connection gambar komputer di kanan bawah deket panah USB,, pindah TAB support,, trus klik detail.. kita bisa melihat IP dari PC. inget2,,, kalo perlu dicatet :P


woke,, kembali ke lappy
2. konfigurasi Terminal Server Client
konfigurasikan seperti gambar berikut,, tak jamin pasti rebez,,,
jangan lupa,, PC kasi password dulu... ga tau tuh,, tanpa password ga bisa. isikan IP yang sudah kita catat tadi di field computer pada tab General.


sampe sini harusnya dah bisa langsung connect gan...
nih,, tampilan desktop di lappy... sambil ngoding di kompie,, sambil nyelesein penulisan skripsi...
sambil menyelam,, gelagepan... ciakakakaka


kalo bacaannya agak kurang mutu,, maap gan,,, masi newbie ato baru menjadi... hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...