Selasa, 18 Oktober 2011

Atasi Bug Brightness Ubuntu 11.10

Salam open source,

entah ini hanya terjadi pada laptop ane ato agan2 juga yang saya alami ini ngeganggu beudz. dimana backlight LCD laptop yang telah di setting sebelumnya akan reset ke kondisi maksimum tiap kali restart. kondisi ini ternyata ga cuma ane yang ngalamin,, sewaktu sercing2 di gugle ternyata banyak juga yang ngalamin,... cuman... sayang banget ga ada yang bahas gimana cara ngatasinnya. kebetulan ane pake ubuntu 11.10 64 bit, kebetulan lagi laptop ane Asus A42F core i3. 

ane jadi mikir, apa ini cuma terjadi di versi 64 bitnya aja ya, soalnya disetiap pembahasan forum yang ane temui kaga pernah ada pemecahan masalah yang berarti. seakan masalah ini ga semua ubuntuers ngalamin. sidik punya sidik, ternyata memang bener ga semua ubuntuers mengalaminya. lalu ane mampir kesebuah situs, disitu ternyata sipenulis juga ngalamin hal yg sama. untuk solusi sementara menggunakan cara seperti ini.


  • Buka Terminal, jalankan perintah berikut ini:



  • gksudo gedit /etc/default/grub
    Cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT kemudian tambahkan barisacpi_backlight=vendor setelah quiet splash, seperti ini:
    GRUB

  • Setelah itu Save filenya kemudian Close.


  • Buka Terminal lagi dan jalankan:

  • sudo update-grub

  • Terakhir, Reboot komputer Anda untuk mengecek apakah tips ini berhasil atau tidak.

  • sewaktu dicoba ke laptop ane, bisa setting backlight pake tombol "fn",, cuman setingan softwarenya jadi ga fungsi,.... kita tunggu saja patchnya segera dirilis....

    1 komentar:

    1. ALhamduLiLLah..
      terimakasih gan,
      tips nya berjalan baik di Laptop ane (Acer Aspire 4750)
      dan kepala saya ga pusing lagi lihat Lapie yang selalu terang brightness nya, sampe sipit-sipit mata ane ngeLiat Lapie..
      terima kasih gan..
      semoga bertambah iLmunya..

      BalasHapus

    Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

    Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...