Rabu, 19 Oktober 2011

Python: Ambil informasi baterai laptop (.001)

Setelah penyakit suwung dan bingung semakin melanda, akhirnya timbul ide ga mutu lagi malam ini. terfikir untuk iseng-iseng cari tau sedikit gimana sih cara program-program linux dibuat? saya penasaran dengan aplikasi semacam conky atau screenlets. gimana cara mereka ngambil informasi dari sistem hardware komputer? setelah penasaran tersebut memuncak malam ini akhirnya saya putuskan, saya ga boleh tidur sebelum bisa mengetahui bagaimana si program bekerja.

sidik punya sidik ternyata kebanyakan aplikasi linux dibangun dengan bahasa pemrograman "ular sanca" atau bahasa kerennya "python",, hehe... namanya ga seserem kelihatanya kok.. memang kalo belum punya basik programing agak serem tuh denger namanya, jangan2 bisa gigit dan sebagainya. ternyata bahasanya sama dengan bahasa manusia, yang sebanding dengan c++, java, .net dan sebagainya. nah sebelum itu mari kita simak beberapa sintak yang bekerja pada terminal untuk memperoleh informasi hardware. katakanlah saya pengen ngerti informasi battery laptop saya. caranya gini nih..

tekan tombol ctrl-alt-T bersamaan, setelah muncul terminal(bukan terminal angkot bang) coba ketikkan perintah berikut:

cat /proc/acpi/battery/BAT0/state

Perintah "cat" ditujukan untuk melihat isi file dari "state"yang merupakan file yang dituliskan oleh linux dalam memberikan informasi berupa status battery saat itu.  jika perintah tersebut dijalankan pada terminal maka akan terlihat seperti gambar berikut. 

nah, dari gambar tersebut bisa dilihat kondisi battery baik tegangan battery, kapasitas battery, disipasi arus yang terpakai. nah, untuk mendapatkan informasi tentang battery laptop yang digunakan coba ganti perintah "state" menjadi "info".

sedangkan untuk memperoleh informasi berupa time remaining, battery percentage dan informasi lainnya saya menggunakan perintah acpi -V. Berikut hasil yang diperoleh dalam perintah tersebut.


nah, setelah mengetahui cara "tradisional" untuk memperoleh informasi tentang battery baik kondisi battery maupun jenis battery yang digunakan, sekarang kepikiran sesuatu nih. .... "gimana ya cara nampilin informasi itu dalam bentuk GUI di linux.....??? tuing2"
nah, idenya adalah gimana cara kita baca informasi file tersebut menggunakan python??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Exchange 2010 SP3 PrepareAD error “The well known object entry with the GUID”

Currently we are going to upgrade Exchange 2010 SP1 to Exchange 2010 SP3 which is one of the step is preparing AD. But in the mid of proces...